AIDA

Apa itu AIDA Pengertiannya (Attention, Interest, Desire, Action)
Keputusan seseorang untuk membeli suatu barang ditentukan dalam 4 tahap yaitu ada Attention, Interest, Desire, Action. Dalam tahapan ini biasanya orang akan membeli produk anda atau sebuah produk, dimana orang tidak mungkin membeli produk tanpa tertarik ataupun tau produk tersebut.
Attention
Attention adalah awal dimana kita memulai untuk memasarkan dan memberitahukan produk kita kepada pelanggan kita atau orang. Ini sangat penting, karena tanpa melalui promosi kita tidak akan dikenal oleh pelanggan kita. Cara promosi di era digital sekarang ini bisa melalui website, sosial media atau media elektronik lainnya.
Interest
Interest artinya pembeli tertarik atau mulai tertarik dengan produk kita dan ingin tau lebih mengenai produk kita. Ini saatnya untuk memberikan informasi manfaat apa yang didapatkan dari produk kita.
Desire
Desire adalah tahap dimana pembeli sudah mulai tertarik untuk membeli, tetapi masih ragu-ragu entah karena ada produk pesaing yang menjadi pembandingnya atau karena harganya. Nah karena itu kita harus dapat meyakinkan pelanggan bahwa produk kita ini memiliki manfaat lebih apa dari pesaing kita. Anda juga bisa memberi penawaran khusus jika pelanggan anda membeli hari itu misalnya.
Action
Nah setelah pelanggan yakin maka dia akan action untuk membeli barang anda. Setelah itu anda tetap harus menjaga relasi dengan pelanggan anda. Tidak menuntut keungkinan bahwa pelanggan akan datang lagi untuk membeli produk anda. Jadi berikan pelayanan terbaik agar pelanggan senang, karena pelayanan adalah salah satu penilaian mereka.
APLIKASI DARI AIDA
AIDA saat ini sudah membentuk pandangan tentang bagaimana kita menerapkan strategi pemasaran dan penjualan selama lebih dari beberapa ratus tahun. Rumusnya bisa anda temui dan pelajari di buku teks pemasaran standar saat ini. Namun di luar itu, AIDA juga digunakan dalam PR untuk merencanakan dan menganalisis efektivitas kampanye PR.
Selain itu, model AIDA masih memberikan informasi berharga untuk analisis kasar pesan iklan. Manfaat dari formula sederhana ini dapat ditemukan dalam kesederhanaan dan kemungkinan penerapannya yang fleksibel di berbagai bidang selain penjualan berbasis toko atau stasioner. Oleh karena itu, Anda dapat, misalnya, memeriksa keefektifan formula ini di bidang e-commerce dengan menganalisis presentasi produk dari toko online dalam hal empat aspek rumus AIDA.
MULAI MENERAPKAN AIDA
Seperti namanya, AIDA memang sederhana. Namun di balik kesederhanaan itu ada proses peracikan yang kompleks. Ia memang bisa diaplikasikan ke berbagai strategi pemasaran, namun penerapannya bergantung terhadap inti bisnis dan produk yang ditawarkan.
Bila kamu juga tertarik untuk menerapkan formula AIDA, kamu tidak perlu melakukannya sendiri. Kita dapat berkolaborasi menciptakan konten yang menarik, insightful, kredibel dan sesuai dengan target audiensmu. Konten tersebut tidak hanya terbatas artikel saja, namun juga infografis dan video kreatif. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan brand dan perusahaanmu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisa Faktor Internal dan Eksternal Pada Perusahaan Adidas

Produk