Brand equity

Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat & Dimensi

Pengertian Ekuitas Merek (Brang Equity)
Ekuitas merek atau brand equity adalah kekuatan dari suatu merek. Dengan merek yang kuat sebuah perusahaan bisa mengelola aset-aset mereka dengan baik, meningkatkan arus kas, meluaskan pangsa pasar, menentukan harga premium, membatasi biaya promosi, peningkatan penjualan, menjaga stabilitas dan meningkatkan keunggulan kompetitif. Menurut persektif konsumen, ekuitas merek adalah sebuah reposn atau tanggapan dari konsumen terhadap suatu produk.
Fungsi Dan Manfaat Ekuitas Merek (Brang Equity)
Ekuitas merek bisa berpengaruh terhadap kepercayaan diri konsumen dalam pengambilan keputusan membeli baik itu disebabkan adanya pengalaman di masa lalu dalam memakai merek tersebut ataupun kedekatan dengan merek dan karakteristiknya.
Menurut Simamora (2003:49) ekuitas merek mempunyai beberapa fungsi dan manfaat antara lain:
Loyalitas memungkinkan adanya pembelian/transaksi berulang atau apabila konsumen tersebut adalah commited buyer, tidak hanya terhenti di pembelian ulang, tetapi konsumen juga bisa menganjurkan atau memberi rekomendasi kepada orang lain.
Memungkinkan perusahaan menentukan harga yang lebih tinggi (premium) yang artinya keuntungan yang lebih tinggi untuk perusahaan.
Memberi kredibilitas terhadap produk lain yang memakai merek tersebut.
Memungkinkan return yang lebih tinggi
Sebagai pembeda relatif dengan pesaing yang jelas bernilai dan berkesinambungan
Sangat fokus internal yang jelas
Membuat adanya toleransi konsumen pada kesalahan produk atau perusahaan, melalui loyalitas yang tinggi kepada merek tersebut
Menjadi faktor yang menarik pegawai yang berkualitas, dan juga mempertahankan pegawai yang loyal
Menarik konsumen untuk hanya memakai faktor merek dalam mengambil keputusan membeli
Dimensi Ekuitas Merek
Ekuitas merek terbentuk dari empat dimensi, yakni kesadaran merek (brand awareness), persepsi kualitas (perceived quality), asosiasi merek (brang association), loyalitas merek (brand loyalty)
Kesadaran Merek (Brand Awareness)
Adalah kemampuan konsumen untuk mengenali atau ingat kembali terhadap suatu merek dan menghubungkannya dengan suatu kategori produk tertentu.
Persepsi Kualitas (Percieved Quality)
Persepsi kualitas kepada merek menunjukkkan respon seluruh konsumen kepada kualitas dan keunggulan yang ditawarkan merek.
Asosiasi Merek (Brand Association)
Asosiasi merek berkaitan dengan segala sesuatu yang berhubungan dalam memori pelanggan kepada suatu merek.
Loyalitas Merek (Brand Loyalty)
Loyalitas merek adalah komitmen yang kuat dalam berlangganan atau melakukan pembelian kembali sebuah merek secara konsisten pada masa yang akan datang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisa Faktor Internal dan Eksternal Pada Perusahaan Adidas

Produk

AIDA